top of page

From P to P

Public·26 members
Lloyd Phillips
Lloyd Phillips

Penebus Dosa


Pasal 4 dari Kitab Imamat dalam Perjanjian Lama Kanon Alkitab Kristen mencatat petunjuk yang diberikan kepada Musa dari Tuhan mengenai korban pemurnian atau penghapus dosa dan pasal 15 dari Kitab Bilangan mengulangi sebagiannya.




Penebus Dosa


Download File: https://www.google.com/url?q=https%3A%2F%2Furluso.com%2F2uiB9d&sa=D&sntz=1&usg=AOvVaw0JjzKVSGV6ID7CN_pghRIE



Dikisahkan oleh Sayyidina Ali ra. bahwa ada seorang lelaki datang kepada Rasulullah saw. untuk mengadukan perbuatan dosanya dan memohon penyucian dirinya. Ketika Rasulullah menanyakan dosa apa yang diperbuatnya, lelaki itu tidak mau mengungkapkannya karena merasa malu. Rasulullah pun bersabda kepadanya:


Jika seseorang dengan sengaja berhubungan seksual di siang hari saat puasa, maka baginya wajib untuk menjalankan puasa kafarat besar. Puasa kafarat adalah amalan yang dilakukan untuk menebus dosa atau dengan kata lain denda karena telah melakukan hubungan seksual saat puasa Ramadan.


Puasa kafarat adalah puasa denda penebus dosa. Puasa kafarat adalah ibadah puasa yang wajib dilakukan bagi seseorang yang dengan sengaja berhubungan seksual di siang hari saat menjalankan puasa Ramadan.


Namun, jika tidak dapat melakukan hal tersebut, maka diwajibkan baginya untuk melakukan puasa kafarat selama dua bulan berturut-turut. Lalu, jika masih tidak mampu menjalankan ibadah puasa kafarat untuk menebus dosa, maka sebagai gantinya harus memberi makan kepada 60 orang miskin masing-masing sebanyak satu mud (kurang lebih sepertiga liter beras/gandum/atau sebagainya),


Sebagian ulama mengatakan, istighfar memang amalan untuk menghapus dosa. Tetapi istighfar tidak dapat menghapus semua jenis dosa. Ada jenis dosa tertentu yang hanya dapat dihapus oleh amalan selain istighfar.


Menurut Alquran, Allahﷻ dengan rahmat-Nya yang tak terbatas, mengampuni Adam dan Hawa atas ketidaktaatan mereka. Itulah mengapa tidak ada konsep 'dosa bawaan' dalam Islam, berbeda dengan agama lainnya.


Dosa bawaan diartikan bahwa sejak Adam dan Hawa melakukan dosa pertama maka seluruh umat manusia diselimuti dosa dan bahwa semua manusia dilahirkan sebagai orang berdosa. Islam menolak ini dan Alquran mengatakan bahwa tidak ada jiwa yang dapat menanggung perbuatan orang lain.


Lebih jauh, Islam juga menolak manusia yang membutuhkan 'penyelamat' untuk mati demi dosa manusia. Sebaliknya Islam mengajarkan bahwa satu-satunya cara nyata bagi setiap manusia untuk mencapai keselamatan adalah dengan menyerahkan kehendak mereka secara eksklusif kepada Allahﷻ dengan ketaatan yang tulus, ibadah dan perbuatan baik.


Pertama, Islam tidak mengenal konsep dosa asal. Dosa Adam adalah miliknya sendiri. Dalam Alquran Allah ﷻ telah mengampuni Adam dan Hawa ketika mereka bertaubat. Maka segalamya dikembalikan kepada rahmat Allah SWT.


Dahulu kala, ada seorang lelaki yang sangat tekun beribadah kepada Allah. Ia melakukan ibadah selama lebih dari 70 tahun lamanya. Selama itu pula ia tidak pernah meninggalkan tempat ibadahnya, kecuali pada hari-hari yang telah ditentukan. Hingga pada suatu hari dia bertemu dengan seorang wanita cantik. Dan dia pun tergoda dalam bujuk rayunya. Akhirnya, mereka masuk dalam lautan asmara, bergelimang di dalam dosa. Tujuh hari lamanya mereka tenggelam dalam nafsu setan, melakukan hubungan layaknya suami istri.


Di hadapan Allah, ditimbanglah amal ibadah yang pernah dilakukannya selama lebih kurang 70 tahun dengan dosa yang dilakukannya selama tujuh hari. Namun ibarat panas setahun hujan sehari. Ternyata kemaksiatan yang dilakukannya selama tujuh hari itu mengalahkan berat timbangan amal yang dilakukan selama lebih dari 70 tahun. Namun untunglah, pahala yang didapat dari memberikan roti itu lebih berat dari dosa yang dilakukan selama tujuh hari, dan akhirnya selamatlah ia dari api neraka yang sangat pedih.


Seorang hamba ketika meninggalkan dunia ini dalam keadaan berbeda-beda, ada yang tidak memiliki dosa sama sekali, karena ia telah diberi taufik oleh Allâh Azza wa Jalla untuk melakukan amal shaleh dan bertaubat kepada-Nya dari semua dosa-dosa besarnya, ada pula yang membawa amal shaleh dan membawa dosa besar selain syirik. Jika Allâh Azza wa Jalla menghendaki pengampunan maka dosa besar seorang hamba akan diampuni-Nya, dan jika tidak, maka Allâh Azza wa Jalla akan melakukan timbangan amal untuk menentukan salah satu dari keduanya mana yang berat.


Oleh karena itu hendaknya seorang Muslim senantiasa waspada ! Jika ia terjatuh kedalam kubangan dosa kecil maka hendaknya ia segera melakukan amal shaleh agar dosa akibat perbuatannya itu terhapus dengan amal shaleh yang dilakukannya. Sedangkan, jika ia terjatuh pada kubangan dosa besar maka hendaknya ia segera bertaubat sebelum ia lupa dan sebelum datang kematian menghampirinya.


Kurban darah yang diganti dengan kerbau hingga kini merupakan bagian penting dari upacara-upacara yang ditentukan oleh adat. Tiang kurban tidak selalu muncul dalam setiap upacara. Oleh sebab itu, lima kerbau disembelih untuk penebusan dosa suatu pembunuhan di luar Irawan dan pada hari pemakaman, pada hari ke-3, ke-7, ke-40, dan ke-100 setelah pemakaman.


Saudari-saudara Muslim menganggap, dosa asal itu tidak masuk akal. Setiap orang bertanggung jawab terhadap perbuatannya sendiri dan dengan demikian akan diadili setimpal dengan perbuatannya. Pandangan anak menanggung dosa dari orangtua atau pandangan seseorang bisa menebus dosa orang lain, tak bisa di terima. Maka ajaran Islam tidak menerima adanya pengakuan iman yang mengatakan, Yesus menderita, wafat dan bangkit untuk menebus dosa-dosa manusia.


Dosa dalam pandangan Islam memiliki kategori: berat dan ringan, seperti dalam Gereja Katolik. Dosa berat hanya menimpa seseorang yang murtad dari imannya atau ketika berlaku syirik, yaitu mengasosiasikan Allah dengan benda atau wujud ciptaan. Dosa-dosa lain yang bukan serangan langsung terhadap Allah akan di ampuni-Nya. Seseorang bisa menjadi Muslim yang baik meski ia tak bisa me lakukan seluruh peraturan dengan sempurna.


Dengan kata lain, Samsung Galaxy Note 7 seperti sebuah dosa yang telah dilakukan oleh Samsung kepada penggemarnya. Biasanya dosa yang berat seperti ini agak susah dilupakan oleh orang yang kelakukannya. Tapi Samsung udah berhasil move on dan menyediakan sebuah produk sebagai penebus dosa mereka, yaitu Samsung Galaxy Note Fan Edition. 041b061a72


About

Think tank for dissolvable PP bag evolution.

Members

bottom of page